Pada Rakerdin Dinas Dikpora beberapa saat yang lalu sudah disepakati antara Dinas Dikpora dan Kepala SMA dan SMK bahwa untuk tahun 2009 target peningkatan nilai rata-rata ujian Nasional adalah 0,15 dan peningkatan peringkat dari peringkat 3 untuk jurusan Bahasa menjadi peringkat 2 prop jateng, peringkat 6 jurusan IPA menjadi peringkat 5, peringkat 8 jurusan IPS menjadi peringkat 7 dan peringkat 5 SMK sejateng menjadi peringkat 4.
Untuk itu maka perlu berbagi peran antara Dinas Dikpora, MKKS, MGMP, Kepala Sekolah, Guru, dan siswa.
Peran Dikpora :
1. mensosialisasi target ujian kepada KS, dan MGMP
2. melaksanakan ujicoba sebanyak 2 kali
3. mensosialisasi strategi peningkatan daya serap kepada MGMP
4. mensosialisasi SKL
5. bersama JIP menyiapkan /menghimpun latihan soal dan mendistribusikan ke MGMP dan MKKS
Peran MKKS
1. melaksanakan ujicoba sebanyak 1 kali
2. membantu melakukan sosialisasi SKL
3. Membantu distribusi himpunan latihan soal
4. mensosialisasi strategy peningkatan daya serap kepada MGMP
5. Melakukan evaluasi secara periodik ketercapaian targeyt daya serap dan rata-rata nilai
Peran MGMP
1. mensosialisasi strategy peningkatan saya serap
2. menterjemahkan SKL menjadi kisi-kisi soal tryout
3. menyiapkan soal-soal latihan
4. melakukan analisis hasil tryout
5. menentukan strategy tindak lanjut hasil tryout
Kepala Sekolah
1. menentukan target capaian nilai disekolahnya masing-masing (ditulis di meja kerjanya)
2. mengadakan kontrak kinerja dengan guru pengajar UN di sekolahnya
3. mengontrol pelaksanaan pembelajaran mapel UN
4. memfasilitasi guru mapel UN melaksanakan pembelajaran tambahan di sekolah
5. menggerakkan guru BK untuk membantu membimbing siswa
6. bersama guru UN melaksanakan latihan ujian di tingkat sekolah
7. melakukan pemantauan capaian target dan menyusun strategy peningkatannya
8. memberikan reward dan punishment kepada guru UN
9. rajin berdoa dan beribadah
Guru
1. menetapkan target masing-masing kelas yang diampunya (ditulis pada bagian atas daftar nilai)
2.melaksanakan sosialisasi terget capaian sekolah kepada siswa
3. membimbing siswa menetapkan target pribadi
4. melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan berbagai strategy
5. memantau pembelajaran siswa
6. melakukan analisis hasil trayout dan melaksanakan tindak lanjut
7. melaksanakan pembimbingan siswa
8. melakusanakan refleksi diri untuk mengetahui kekurangannya dalam mengajar
9. rajin berdoa dan beribadah
Siswa
1. menetapkan target pribadi (ditulis pada halaman depan buku catatannya)
2. mengikuti pembelajaran bersama guru
3. giat belajar dan berlatih
4. memantau hasil perolehan setiap kali ulangan dan try out
5. melakukan refleksi diri untuk mengetahui kelemahannya dalam belajar
6. rajin berdoa dan beribadah
05 Januari 2009
SUKSES UJIAN NASIONAL 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar